To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Pengertian Arus Listrik Adalah...
Custom Search

Pengertian Arus Listrik Adalah...


Pengertian arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu.

Kita dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini bisa dipastikan tidak pernah lepas dari yang namanya listrik. Arus listrik sendiri bisa muncul dimana-mana.

Sebagai satuannya pengukurannya, arus listrik sendiri biasanya diukur dengan satuan “Coulomb/Detik” atau “Ampere” dengan simbol (A). Pengertian arus listrik dengan satuan Ampere sudah menjadi sebuah satuan ukuran arus listrik secara internasional.


Pengertian Arus Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari 


Arus listrik secara tidak kita sadari telah menjadi sesuatu yang tidak bisa kita lepaskan, terutama dalam kegiatan kehidupan manusia sehari-hari. Hampir segala macam benda yang digunakan oleh manusia sekarang ini mengandung arus listrik. Dan arus listrik tersebut ada mulai dari arus listrik yang berkekuatan kecil atau lemah, sampai arus listrik yang berkekuatan atau bertegangan sangat tinggi.

Arus listrik yang berkekuatan atau bertegangan rendah bisa kita jumpai salah satunya di dalam tubuh manusia. Mungkin kita tidak menyadari atau bahkan tidak pernah tahu, bahwa sebenarnya di dalam jaringan tubuh kita ini juga terdapat arus listrik. Namun arus listrik di dala tubuh manusia ini termasuk arus listrik yang bertegangan sangat kecil, atau bisa disebut juga dengan arus listrik Micro Ampere (µA).

Selain dengan tubuh manusia yang mengandung arus listrik bertegangan mikro, banyak lagi benda atau alat lainnya yang juga mengandung arus listrik. Yang sudah pasti mengandung arus listrik tentu saja semua peralatan rumah tangga, atau peralatan elektronik lainnya yang menggunakan listrik. Kebanyakan alat-alat listrik tersebut memiliki arus listrik yang sedang.

Sedangkan arus listrik yang bertegangan sangat tinggi bisa kit temukan di beberapa hal lainnya, misalnya petir. Sebuah petir yang menyambar biasanya akan mengandung arus listrik yang sangat tinggi, bisa mencapai ratusan ribu Ampere. Oleh sebab itu hampir setiap benda yang tersambar petir akan menjadi rusak, bahkan terbakar, hangus, atau meledak.


Pengertian Arus Listrik – Rumusan Dalam Ilmu Fisika 


Gambar Pengertian Arus Listrik - Arus Listrik AdalahSelain dalam kehidupan sehari-hari, arus listrik juga telah menjadi sesuatu yang tidak pernah ditinggalkan di dalam dunia ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan alam. Salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang selalu membahas mengenai pengertian arus listrik di dalamnya adalah ilmu Fisika.

Di dalam ilmu fisika, arus listrik yang bergerak secara konstan disimbolkan dengan (I). Sedangkan muatan listrik disimbolkan dengan (Q), dan waktu disimbolkan dengan (t). Maka untuk dapat menghitung dan mengetahui jumlah arus listrik yang mengalir pada suatu titik dalam suatu waktu tertentu, rumusannya adalah :

Pengertian Arus Listrik - Rumus Arus Listrik

I = Arus Listrik
Q = Muatan Listrik
t = Waktu (time)


Sedangkan secara umum untuk dapat menghitung dan mengetahui jumlah arus listrik yang mengalir secara konstan pada suatu titik dalam suatu waktu tertentu, rumusannya adalah :

Pengertian Arus Listrik - Rumus Arus Listrik 2


Pengertian Arus Listrik - Arus Listrik Bersifat Kekal


Arus listrik sendiri memiliki sifat kekal atau konstan, sesuai dengan “Hukum Kekekalan”. Ini berarti jika ada arus listrik yang mengalir ke dalam suatu penghantar dalam jumlah tertentu, maka arus listrik tersebut juga mestinya akan keluar dalam jumlah yang sama. Hal ini akan dituliskan seperti dengan rumusan


Pengertian Arus Listrik - Rumus Arus Listrik 3



Pengertian Arus Listrik - Gambar Rumus Arus Listrik 3

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian arus listrik, beserta rumusan mengenai arus listrik di dalam ilmu pengetahuan.

Incoming search terms : 

pengertian listrik, penerapan listrik statis, fungsi motor listrik, jaringan listrik rumah, dasar dasar listrik, perubahan energi listrik, rangkain listrik, penemu listrik, sumber arus listrik, pengertian arus listrik

No comments: