To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Pengertian Data, Data Adalah...
Custom Search

Pengertian Data, Data Adalah...


Pengertian Data - Data Adalah... Ada banyak sekali sumber yang menjelaskan tentang definisi data.


Pengertian Data - Data Adalah...


Oleh sebab itu ada beberapa definisi atau pengertian data yang bisa dijadikan acuan, diantaranya adalah :
  • Menurut Hoffer, Prescott, dan McFadden, 2005. Data yaitu sesuatu yang mewakilkan objek dan peristiwaa yang memiliki arti dan sangat penting bagi pemakai atau user.
  • Menurut Navathe dan Elmasri, 2000. Data yaitu fakta yang dapat disimpan dan memiliki arti 
  • Pengertian data, data yaitu deskripsi dari suatu kejadian yang kita hadapi.

Berdasarkan beberapa definisi di atas, maka mungkin dapat disimpulkan bahwa Data adalah fakta yang telah terjadi, memiliki arti, dan dapat disimpan serta dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjadis sebuah form yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya data untuk penelitian, untuk marketing, untuk pengetahuan, dll.


Pengertian Data (Data Adalah) - Data Dalam Ilmu Pengetahuan


Beberapa pendapat mengatakan bahwa Data berasal dari kata “Datum”. Sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “sesuatu yang diberikan”. Data juga bisa berarti kumpulan fakta. Dalam pandangan awam, data bisa berupa kumpulan fakta yang didapatkan melalui sebuah penelitian atau pengukuran yang bisa berupa angka, kata, ataupun gambar.

Gambar Pengertian Data | Pengertian Data Adalah


Dalam bidang ilmu pengetahuan berbagai data yang telah dikumpulkan dalam berbagai bentuk ini biasanya akan diolah kembali untuk disajikan dalam bentuk yang lebih jelas, kepada mereka yang tidak melihat atau terlibat langsung dengan fakta-fakta tersebut. Kumpulan fakta ini juga bisa disajikan dalam bentuk data yang lebih terkelompokkan dengan lebih detail.

Karena data ini berbentuk angka, kata, maupun gambar mentah, maka data ini tidak memiliki makna apapun dan hanya sekedar fakta mentah. Agar data ini memiliki makna, maka data tersebut akan dikelompokkan, diatur, dan diolah sedemikian rupa, dan disajikan dalam bentuk deskripsi yang lebih jelas dan dapat diterima oleh masyarakat atau pengguna data.


Pengertian Data (Data Adalah) - Teknik Pengumpulan Fakta


Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian data di atas bahwa data diperoleh berdasarkan berbagai fakta yang telah dikumpulkan sebelumnya. Untuk mengumpulkan fakta yang sangat beragam ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang sembarangan.

Ada beberapa teknik atau cara mengumpulkan fakta untuk dijadikan data. Teknik-teknik tersebut adalah :

1. Memeriksa berkas dan dokumen yang sudah ada.

Pengumpulan fakta dengan tehnik ini dilakukan dengan cara mengumpulkan semua fakta dari semua berkas, file, dan dokumen yang telah ada sebelumnya dan masih berhubungan dengan sistem yang masih berjalan.


2. Interview atau Wawancara

Wawancara saat pengumpulan data adalah salah satu cara yang bisa dilakukan dalam hal pengumpulan fakta untuk sebuah data. Dalam pengertian data, pengumpulan fakta dengan cara wawancara memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan dari tehnik wawancara ini diantaranya adalah kita bisa mendapatkan fakta yang lebih mendetail, sekaligus bisa mengecek kebenaran ataupun kelebihan dan kekurangan suatu fakta.

Saat wawancara kita juga bisa mendapatkan informasi dari pengguna terakhir, mengumpulkan berbagai pendapat mengenai suatu fakta, dan lain sebagainya. Jadi yang bisa didapatkan dari wawancara tidak hanya fakta mentah, namun juga bisa lebih detail dan lebih mendalam.

3. Pengamatan

Pengamatan dalam pengumpulan data adalah sebuah kegiatan observasi pada sebuah sistem yang sedang berjalan, dan bisa menjadi salah satu cara atau tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan fakta. Dengan melakukan pengamatan atau observasi, pengumpulan fakta bisa mendapatkan beberapa fakta lain yang mungkin tidak bisa didapatkan dengan tehnik pengumpulan fakta yang lainnya.

Karena pada tehnik pengumpulan fakta yang lain kita hanya bisa mendapatkan fakta dari orang lain, dengan tehnik pengamatan ini kita bisa melihat langsung sebuah proses yang sedang berjalan, serta mengambil beberapa kesimpulan sehubungan dengan fakta yang diperlukan.


4. Penelitian

Gambar Pengertian Data - Data Adalah


Metode pengumpulan data lainnya dalam pengertian data adalah dengan cara melakukan penelitian yang lebih mendalam. Penilitian yang lebih mendalam bisa dilakukan dengan cara mendapatkan berbagai informasi melalui berbagai sumber lainnya seperti journal, buku-buku, artikel, internet, dan beberapa sumber yang bisa dijadikan referensi lainnya. Dengan penelitian ini bisa juga untuk mendapatkan informasi dan fakta dari sumber yang berbeda.


5. Survey atau Kuesioner

Dalam pengumpulan fakta, melakukan survey data adalah juga sebagai metode yang bisa melengkapi fakta yang kita dapatkan. Survey ini bisa dilakukan dengan cara membuat sebuah kuesioner. Kuesioner biasanya berupa dokumen yang berisi berbagai pertanyaan yang akan diajukan kepada sejumlah sample orang. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya telah disusun secara lebih terkontrol dan lebih terfokus untuk mendapatkan kumpulan pendapat yang berbeda-beda mengenai sesuatu hal.


Pengertian Data (Data Adalah) - Analisa dan Pengolahan Kembali


Itulah beberapa metode yang bisa dilakukan pada saat mengumpulkan fakta sebagai dasar penyusunan data. Berbagai informasi yang telah diperoleh melalui berbagai metode tersebut di atas nantinya akan diolah lagi, diklasifikasi, dan disusun menjadi sebuah data untuk tujuan tertentu.

Tidak semua fakta yang telah didapat dari pengumpulan fakta tersebut bisa semuanya ditampilkan atau disuguhkan kepada pengguna. Berbagai fakta yang telah diperoleh ini harus dianalisa dan disaring kembali sebelum dideskripsikan. Hanya informasi penting, bisa dipertanggungjawabkan, dan yang sesuai dengan kebutuhan yang akan diambil dan diaplikasikan dalam dokumen. --Pengertian Data - Data Adalah--

Incoming search terms :

data, teknik analisis data, metode analisis data, data kuantitatif, data statistik pendidikan, data statistika, tabel data statistik, analisis data kualitatif, data kependudukan, pengertian data

No comments: