To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Pengertian Listrik Adalah...

Pengertian Listrik Adalah...


Pengertian Listrik adalah.... Secara umum ada dua definisi listrik, yaitu :
  • Pengertian Listrik yaitu kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya. 
  • Penegrtian Listrik yaitu sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif. 


Pengertian Listrik - Listrik Dalam Kehidupan Sehari-hari 


Sejak adanya listrik, manusia mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam berbagai bidang. Yang paling menonjol mungkin adalah dalam bidang teknologi dan elektronika. Sebelum namusia mengenal listrik, hampir semua benda dan alat bantu dalam kehidupan manusia digerakkan dengan tenaga manusia ataupun alam.

Sejak adanya listrik itulah mulai bermunculan alat-alat bantu yang menggunakan listrik sebagai penggeraknya, yang mampu mempermudah pekerjaan manusia. Alat-alat bantu itu seiring dengan perkembangannya juga semakin modern dan canggih. Dan mulai tercipta pula beragam penemuan mutakhir yang sangat berguna bagi kehidupan manusia jaman ini.


Pengertian Listrik - Muatan Listrik


Dalam pengertian listrik, disana ada 2 jenis muatan listrik yaitu Positif dan Negatif. 2 jenis muatan inilah yang akan bergerak dan menimbulkan arus listrik. Muatan dengan jenis yang sama akan saling menolak atau menjauh jika disatukan, misalnya muatan positif dengan positif atau muatan negatif dengan negatif.

Ilustrasi Pengertian Listrik 1 - Pengertian Arus Listrik - Listrik Adalah


Sebaliknya 2 jenis muatan yang berbeda akan saling menarik satu sama lain, yaitu positif dengan negatif. Gaya tari menarik dan tolak menolak antara jenis muatan listrik ini akan menghasilkan arus listrik yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.


Pengertian Listrik, Penghantar dan Penghambat 


Listrik akan mengalir melalui bahan atau benda yang memiliki sifat sebagai penghantar listrik. Bahan tersebut seperti misalnya besi, seng, tembaga, kuningan, dan lain-lain. Sebaliknya listrik tidak akan mampu merambat melalui benda atau bahan yang memiliki sifat sebagai penghambat listrik. Bahan penghambat tersebut diantaranya adalah plastik, karet, dan lain sebagainya.


Pengertian Listrik - Energi Listrik Menjadi Energi Lain


Bagi beberapa jenis bahan akan menimbulkan efek yang khusus jika dialiri oleh arus listrik. Misalnya sebuah kawat pijar yang dialiri listrik, kawat akan berpendar memancarkan cahaya terang yang akhirnya bisa digunakan sebagai bahan dasar pada lampu pijar.

Selain itu bila listrik dialirkan pada bahan yang bersifat menghambat, maka akan terjadi pelepasan energi panas. Ini seperti yang terjadi pada seterika. Pada benda lainnya arus listrik mampu dirubah menjadi energi gerak, seperti pada kipas angin, dan lain sebagainya. 


Pengertian Listrik - Arus Listrik


  • Listrik Arus Searah 

Pengertian Listrik - Pada listrik arus searah, listrik mangalir dari ujung yang bermuatan positif menuju ujung yang bermuatan negatif. Pada jenis listrik yang searah, dua ujung muatan positif dan negatif akan menghasiklan arus listrik jika kedua ujungnya menyatu. Misalnya yang bisa kita temukan pada batu baterai pada senter. Jika antara ujung positif baterai dihubungkan dengan ujung negatifnya dengan menggunakan kabel, maka listrik akan mengalir pada bohlam lampu senter dan menghasilkan cahaya terang.

  • Listrik Arus Bolak-balik

Pengertian Listrik - Listrik arus bolak-balik biasa kita temukan pada listrik yang ada di rumah-rumah. Pada listrik arus bolak-balik listrik biasanya juga menggunakan tanah atau bumi sebagai penghantarnya, maka di rumah tidak jarang kita tersengat listrik ketika kita menyentuh kabel beraliran listrik dengan posisi kaki menyentuh tanah atau lantai.


Pengertian Listrik - Listrik Dapat Disimpan


Salah satu keunggulan dari listrik adalah bisa disimpan pada suatu media tertentu untuk kemudian dipakai lagi untuk keperluan tertentu. Listrik yang disimpan ini banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada baterai atau aki.

Ilustrasi Pengertian Listrik - Pengertian Arus Listrik - Listrik Adalah


Baterai adalah salah satu media penyimpanan listrik yang sangat populer saat ini. Baterai bisa kita temui hampir dimanapun kita berada. Baterai biasanya berupa baterai alkaline, baterai isi ulang, dan lain sebagainya. Contoh paling banyak adalah baterai pada jam dinding atau baterai pada telepon seluler yang setiap hari kita gunakan. Di media penyimpanan seperti baterai ini listrik yang bertegangan besar akan disimpan dalam bentuk yang lebih kecil. Dan arusnya pun juga tidak terlalu besar.

Sedangkan aki adalah media penyimpanan yang mirip seperti baterai, hanya saja bentuknya lebih besar dan muatan listriknya pun juga sedikit lebih besar. Aki biasa digunakan untuk alat-alat yang membutuhkan tegangan listrik yang agak besar seperti kendaraan bermotor, mobil, dan lain sebagainya.

Sedikit berbeda dengan baterai yang biasanya berbentuk kering, aki menyimpan arus listrik dengan bantuan cairan. Dan walaupun mengandung listrik dan bisa menyengat, namun sengatan listrik pada baterai maupun aki tidak terlalu besar dan tidak membahayakan sekali.


Pengertian Listrik - Satuan Listrik


Pengertian listrik lainnya yang wajib diketahui adalah satuan listrik. Muatan listrik dituliskan dalam satuan yang disebut “Coloumb” atau disingkat dengan “C”. Sedangkan kuantitas atau jumlah muatan listrik biasanya ditulis dalam simbol “Q”. Maka bila ada rumusan Q=1C, itu artinya muatan listrik yang terkandung adalah sebesar 1 coloumb. --Pengertian Listrik--

Incoming search terms :

penerapan listrik statis, pengertian arus listrik, dasar dasar listrik, perubahan energi listrik, rangkain listrik, penemu listrik, sumber arus listrik, pengukuran listrik, listrik statis, pengertian listrik

No comments:

Custom Search