To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Pengertian E-Commerce Adalah...
Custom Search

Pengertian E-Commerce Adalah...


Pengertian E-Commerce, dalam Bahasa Indonesia sering disebut pula dengan “Perdagangan Elektronik”.


Pengertian E-Commerce Adalah...


Pengertian E-Commerce sendiri adalah sebuah sistem atau cara berdagang dengan menggunakan bantuan media elektronik. Huruf "E" mewakili kata elektronik, seperti pada kata e-mail dan e-learning, atau e-banking.

Dalam hal ini e-commerce seringkali menggunakan bantuan media internet, dimana antara si penjual dan si pembeli hanya bertemu melalui dunia maya, dan tidak secara langsung bertemu.

Sehingga semua transaksi perdagangan akan dilakukan secara elektronik, mulai dari pameran produk, tawar menawar, dan akhirnya transaksi yang dilakukan melalui sistem transfer antar bank. Dengan sistem e-commerce ini maka penjual dan pembeli biasanya tidak akan bertemu muka secara fisik.


Pengertian E-Commerce, Sejarah E-Commerce


Dalam pengertian e-commerce tentu tidak lepas dari sejarah e-commerce itu sendiri. E-Commerce mulai dikenal pertama kali pada tahun 1994 dimana pada waktu itu internet mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun e-commerce baru secara lebih luas dikenal pada sekitar tahun 1998, dimana pada waktu itu mulai banyak bermunculan perusahaan yang menggunakan sistem perdagangan E e-commerce.


Pengertian E-Commerce, Manfaat E-Commerce


Manfaat e-commerce tentu saja sangat banyak karena memiliki berbagai kelebihan. Beberapa manfaat e-commerce diantaranya adalah :
  • Perusahaan penyedia barang atau jasa akan lebih efektif memasarkan produknya. Selain itu berbagai biaya produksi bisa lebih ditekan, misalnya biaya promosi, biaya pencetakan, biaya surat-menyurat, dan lain sebagainya. 
  • Konsumen akan merasa lebih nyaman karena secara fisik mereka tidak perlu bepergian jauh menuju tempat penjual. 
  • Secara lebih umum manfaat e-commerce adalah menciptakan banyak peluang usaha yang baru, murah, dan mudah. -- Pengertian E-Commerce


Pengertian E-Commerce, Kerugian E-Commerce


Banyaknya manfaat e-commerce tentu saja juga menimbulkan beberapa efek negatif. Beberapa kerugian yang ditimbulkan akibat e-commerce adalah :
  • Orang-orang menjadi lebih tertutup dan kurang bersosialisasi, karena segala proses jual beli dilakukan hanya melalui dunia maya tanpa adanya pertemuan secara fisik. 
  • Tidak jarang pembeli merasa kecewa karena apa yang mereka beli tidak sesuai dengan apa yang telah mereka lihat di internet. 
  • Banyak timbul penipuan melalui internet yang memanfaatkan teknologi e-commerce ini. 


Pengertian E-Commerce, Jenis E-Commerce


Jenis e-commerce ada beberapa macam, yaitu :

1. Jenis E-Commerce Business To Business (B2B) 

Pengertian E-CommerceBusiness To Business adalah jenis e-commerce yang terjadi antara pelaku usaha yang biasanya sudah saling mengenal. Pada jenis e-commerce B2B ini biasanya karena sudah saling mengenal, maka transaksi terjadi secara berulang dan terus menerus (berlangganan).

Jenis e-commerce B2B biasanya terjadi karena transaksi perdagangan yang telah terjadi secara berulang dengan hasil yang memuaskan untuk kedua belah pihak, sehingga masing-masing pihak merasa saling membutuhkan.

Jenis e-commerce B2B terkadang juga tidak selalu membutuhkan persetujuan salah satu pihak untuk terjadinya transaksi. Ini karena telah adanya rasa saling percaya diantara keduanya.

2. Jenis E-Commerce Business To Consumer (B2C) 

Business To Consumer adalah jenis e-commerce yang terjadi antara seorang produsen kepada para konsumen umum. Jenis e-commerce B2C ini biasanya bersifat umum, dimana si produsen barang akan menawarkan produknya secara umum kepada masyarakat luas. Jenis produk, harga, dan spesifikasi lainnya akan dipromosikan secara terbuka.

3. Jenis E-Commerce Consumen To Consumen (C2C)

Consumen To Consumen adalah jenis e-commerce dimana pelakunya adalah sama-sama pelanggan atau konsumen. Di sini pelanggan akan menjual barang atau jasa dari produsen tertentu kepada pelanggan lainnya. Bisa dikatakan di sini penjual adalah semacam perantara.

4. Jenis E-Commerce Consumen To Business (C2B)

Consumen To Business adalah jenis e-commerce dimana para konsumen akan mengumumkan atau memberitahukan melalui media internet akan kebutuhan produknya beserta spesifikasinya. Kemudian para produsen akan saling menawarkan produk mereka kepada konsumen tersebut. Pengertian E-Commerce

Incoming search terms :

e-commerce, jenis e-commerce, manfaat e-commerce, artikel e-commerce, jurnal e-commerce, e-commerce Indonesia, e-commerce adalah, apa itu e-commerce, makalah e-commerce, pengertian e-commerce

No comments: