To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Pengertian Wireline, Wireline Adalah...
Custom Search

Pengertian Wireline, Wireline Adalah...


Pengertian Wireline adalah.... Wireline atau yang sering disebut juga dengan Public Switched Telephone Network (PSTN) adalah sebuah jaringan telepon yang memanfaatkan kabel telepon tembaga atau kabel fiber optic sebagai media untuk mengirimkan data atau berupa suara atau bentuk yang lainnya.

Dengan kata lain pengertian wireline adalah jaringan telepon berkabel atau singkatnya adalah telepon kabel atau telepon rumah.


Pengertian Wireline dan Sejarahnya


Sejarah telepon kabel atau wireline bermula dari penemuan alat komunikasi yang mampu menghubungkan antara dua orang pada jarak yang berjauhan dalam bentuk suara, dengan menggunakan bantuan kabel. Tepatnya pada tahun 1871 oleh seorang yang bernama Antonio Meucci. Penemuannya ini dinamakan dengan Sound Telegraph.

Dari sinilah awal mula perkembangan telepon kabel pertama kali. Dan setelah melalui berbagai perkembangan, sampai sekarang telepon wireline ini masih digunakan dimana-mana. Bahkan kemudian dalam perkembangannya telepon kabel berkembang pula menjadi telepon nirkabel atau tanpa kabel (wireless).


Pengertian Wireline - Sistem Pendukung Wireline Adalah :


Dalam pengertian wireline, telepon kabel ini tentunya tidak bisa berdiri sendiri namun memerlukan unit atau alat lainnya agar dapat bekerja dengan baik. Unit-unit lainnya tersebut adalah :

Pengertian Wireline (PSTN), Wireline Adalah


1. Switching Unit (SU)

Switching unit ini juga disebut dengan sentral telepon, bertugas untuk mengumpulkan semua data yang menghubungkan pelanggan dan operator telepon. Di sinilah semua data pelanggan dan segala tagihan dicatat.

2. Main Distribution Frame (MDF)

MDF adalah sebuah termunal unit yang berfungsi sebagai tempat yang akan menampung semua kabel dari operator pusat. Di tempat ini semua jaringan dari pusat akan disambungkan ke kabel-kabel lain yang akan menuju ke pesawat telepon pelanggan.

3. Rumah Kabel (RK)

Rumah kabel adalah sebuah unit yang sangat mirip dengan MDF, namun dengan skala yang lebih kecil. Semua kabel dari MDF akan dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. Masing-masing kelompok kabel ini akan ditempatkan pada sebuah tempat yang disebut Rumah Kabel. Rumah Kabel ini biasa banyak kita lihat di pinggir jalan berupa kotak yang berdiri berukuran agak besar berwarna abu-abu atau putih.

4. Intermediate Distribution Frame (IDF)

Unit IDF adalah unit dengan fungsi yang sama denga MDF dan RK. IDF akan membagi lagi kelompok kabel telepon dari RK ke dalam kelompok yang lebih kecil. Yang membedakan dari bentuk fisik IDF ini adalah IDF memiliki ukuran yang lebih kecil lagi dibandingkan dengan MDF dan RK. IDF banyak kita temukan berada di atas tiang telepon berupa kotak-kotak kecil berwarna hitam.

5. Terminal Box (TB)

Terminal box memiliki fungsi yang sama seperti MDF, RK, dan IDF. TB merupakan sebuah unit yang langsung menghubungkan IDF dengan pesawat telepon pelanggan. TB ini berada di setiap rumah pelanggan telepon.

6. Pesawat Telepon

Gambar Pengertian Wireline


Unit terakhir dari rangkaian pengertian wireline adalah pesawat telepon. Pesawat telepon adalah unit terakhir yang berada di rumah pelangga yang memiliki fungsi sebagai pesawat penerima dan pengirim sunyal suara. Unit ini dilengkapi dengan bell dan tombol angka.


Itulah sedikit mengenai pengertian wireline atau yang banyak kita kenal sebagai pesawat telepon berkabel. Walaupun sekarang ini sebagian besar orang telah banyak menggunakan pesawat telepon nirkabel, namun penggunaan wireline masih sangat dibutuhkan dan masih tetap banyak digunakan terutama untuk perkantoran. -- Pengertian Wireline

Incoming search terms :

wireline, cara kerja wireline, jaringan wireline, wireline adalah, peer to peer, kelebihan wireline, wire line, fungsi wireline, wireline, pengertian wireline

No comments: